Minggu, 08 Juni 2014

Novena Santo Yudas Tadeus

Santo Yudas Tadeus adalah salah satu dari 12 rasul Yesus. Nama Santo Yudas Tadeus terkadang disalahartikan dengan Yudas Iskariot, rasul yang mengkhianati Yesus. Yudas artinya ‘pemberi kegembiraan’ dan Tadeus berarti ‘orang yang berbesar hati’. Yudas Tadeus adalah keturunan Yahudi. Ayahnya bernama Clopas. Istri Tadeus bernama Maria, yang merupakan saudara sepupu Maria, ibu Yesus. (Sumber : http://www.hidupkatolik.com/).

Pertama kali saya mendengarn nama Santo Yudas Tadeus adalah dari kakak saya yang saat itu kuliah di Jogja. Kakak saya itu mempunyai sebuah buku kecil berisi kumpulan doa. Salah satunya adalah Doa kepada Santo Yudas Tadeus untuk 'hal-hal yang tak ada harapan atau sangat mustahil'. 

Dan waktu itu, kakak saya bercanda 'Mau rajin doain doa ini ah, mana tahu akhirnya bisa jodoh sama Nicholas Saputra." -_________-

Beberapa tahun kemudian, saya lulus kuliah dan bekerja. Waktu itu ada masalah pekerjaan yang buat saya stress berat. Soal shipment barang yang bermasalah. Denda sudah menumpuk. Selama beberapa hari saya datang ke kantor dengan perasaan yang tidak karuan. Menerima omelan dari customer, ngejar-ngejar shipping line buat beresin masalah. Semuanya tampak tidak ada solusi selain membayar denda yang besar. Tentu saja denda ini tidak perlu saya yg bayar, saya bisa buat laporan ke kantor untuk meminta pembayaran denda. Tapi yang jelas saya pasti dapat rapor merah karena masalah ini.

Lalu entah bagaimana, saya teringat tentang doa kepada Santo Yudas Tadeus. Tentu saja, saya selalu berusaha untuk rajin berdoa harian setiap bangun dan sebelum tidur. Dan terutama saat ada masalah, saya berdoa lebih khusuk. Tapi lalu saya teringat dengan Santo Yudas Tadeus yang pernah diceritakan kakak saya. Lalu saya pun browsing doanya di internet dan mendoakannya dengan sungguh-sungguh. 

Lalu tak lama kemudian, saya mendapatkan jawaban doa itu di email saya. 
Semua permohonan saya disetujui (padahal sebelumnya ditolak). Semua denda dihapuskan. Dokumen beres. Customer pun malah memuji karena saya bisa menyelesaikan masalah ini dan kedepannya dia selalu memilih saya untuk menangani pembeliannya.

Secara ajaib, yang awalnya tampak tidak mungkin, menjadi mungkin.

Sering dalam kehidupan sehari-hari, saya menyelipkan nama-nama Santo dan Santa dalam pikiran saya. Misalkan mau pergi ke tempat yang agak jauhan, saya berdoa singkat dalam hati "Santo Christophorus, doakanlah kami." Saat saya lagi ribet cari-cari barang yang nggak ketemu-ketemu, saya mencari sambil bergumam, "Santo Antonius...Santo Antonius."

Dan sejak doa pertama saya kepada Santo Yudas Tadeus, saya selalu mengingatnya di saat-saat sulit. 
Sudah beberapa kali saya merasakan dikeluarkan dari situasi sulit, permasalahan berat yang saya merasa tidak sanggup menjalaninya lebih lama lagi, dengan doa kepada Allah melalui perantaraan Santo Yudas Tadeus.
Pernah terselip dalam obrolan saya dengan MyMas bahwa saya berpikiran akan menamakan nama anak kami kelak dengan nama Yudas Tadeus. Ya, seintim itulah saya merasakan kedekatan dengan Santo Yudas Tadeus yang baik.

Baru-baru saja saya mendapatkan jawaban dari novena saya kepada Bunda Maria dan Santo Yudas Tadeus. Saya berjanji akan mewartakan kabar sukacita ini dengan terjawabnya doa saya. Dan semoga melalui postingan di blog ini bisa menjadi saluran kabar sukacita untuk yang sedang membutuhkan kekuatan dalam menghadapi masa-masa sulitnya.

Melalui Novena Santo Yudas Tadeus, saya belajar bahwa Allah kita bukanlah Allah yang kaku. Allah kita adalah yang penuh kasih dan mendengarkan doa dan permintaan anak-anakNya. Saya ingat pernah menuliskan ini dalam sebuah status Facebook saya suatu hari dulu, "Saya tidak pernah ragu untuk meminta apa yang saya inginkan kepada Tuhan. Karena saat-saat bernegosiasi dengan Tuhan itulah saat-saat saya merasa paling intim dengan Tuhan."

Dan keintiman itu selalu membuat rindu.
Jadi mungkin saya seperti anak kecil yang manja, bergelayutan di kaki ayahnya meminta ini dan itu. Merengek-rengek. Ya, seperti itulah saya dengan Allah. Tapi saya merasa, melalui itu saya merasakan Allah yang membelai saya lembut, mengatakan 'Sebentar, ya sabar dulu waktunya akan datang' atau "Tidak untukmu, kamu akan dapat yang lain' atau juga jawaban seperti yg saya harapkan, 'tentu saja kamu akan mendapatkannya segera'.

Dan Santo Yudas adalah sahabat yang menjadi perantara saya dalam mengungkapkan permohonan-permohonan kepada Allah.

Saat ini saya tidak memiliki panduan khusus dalam berdoa kepada Santo Yudas Tadeus, secara spontan saya ucapkan. Tetapi untuk yang ingin memulai doa kepada Santo Yudas Tadeus, mungkin salah satu contoh doanya bisa dilihat di sini. 

Sumber : www.tanbooks.com

Satu lagi mengenai doa, ada satu nasehat yang pernah diberikan oleh Ibu saya dan selalu saya ingat sampai sekarang. Dulu waktu kuliah di semester 6-7, saya sudah mulai sibuk persiapan skripsi. Di sela antara jam kuliah, Ibu menelepon dan bertanya kabar. Saya katakan kalau saya lagi stress persiapan skripsi dan saya cerita ini itu tentang kendala yang ada. 
"Jangan lupa berdoa, ya," kata Ibu.
"Iya, aku juga lagi novena kok, Bu," jawab saya.
"Jangan lupa juga berdoa juga untuk orang lain," kata Ibu saya lagi. Perkataan yang membuat saya terdiam dan tersadar. Bahwa sering saya egois hanya berdoa untuk diri sendiri dan lupa untuk mendoakan orang lain. Di saat saya stress dengan skripsi, Ibu justru mengingatkan untuk tidak melulu mendoakan diri sendiri, tapi juga orang lain. Satu alasan lagi yang membuat saya semakin mencintai Ibu.

Selamat berdoa.
Selamat bermanja ria dengan Tuhan.
Jangan lupa mendoakan orang lain juga.


(Btw, seandainya kakak saya terus rajin Novena Santo Yudas Tadeus mana tahu beneran bisa berjodoh sama NicSap, ya? hahahahaha)



1 komentar:

  1. Iya, dulu saat stress mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai test menjelang program Masters, nyokap ngajak aku berdoa di depan patung Bunda Maria. Patungnya mungil. Sampai sekarang patung tsb masih ada dan masih dipakai untuk acara2 lingkungan di rumah, meskipun cat di hidung patung Bunda Maria tsb ada yg bocel karena patungnya jatuh kesenggol mbak pembantu yg lagi bersih2. Aku sih percaya segala sesuatu kalau kita kerjakan dengan baik dan kita percayakan Tuhan akan memberikan jalan terbaik, pasti deh berjalan sesuai dengan keinginan.

    BalasHapus