Jumat, 07 Februari 2014

Belajar Korea

Dulu, mantan kantor saya masuk kerja sampai hari Sabtu. Setengah hari doang sih, tapi kan tetep aja mengurangi  jatah weekend. Jatah jalan-jalan berkurang, jatah tidur molor seharian berkurang, jatah nyuci dan beres2 berkurang. Nggak sempet juga gabung di komunitas apa-apa. Pengennya dihabisin buat 'me time' aja, pulang kantor jatahnya nongkrong di coffe shop, minum kopi, ngemil, sambil baca buku atau nonton film di bioskop.

Lalu mantan kantor saya punya kebijakan untuk mengurangi jam kerja, hari Sabtu libur! Maka saya pun
langsung menyusun rencana bersama seorang teman untuk belajar bahasa asing. Dan saya pun mendaftarkan diri untuk belajar bahasa Korea.

Kenapa Korea?

Karena takdir.

Hahaha.
Serius deh, awalnya saya bener-bener nggak punya alasan kenapa saya mau belajar bahasa Korea. Beneran seperti takdir menuntun saya untuk memilih bahasa Korea untuk dipelajari.

Jadi ceritanya begini.

Cerita ini terjadi di suatu hari di bulan Maret. Saya ingat betul ini bulan Maret karena saya sedang berpuasa
Pra-Paskah (menjelang Paskah bagi umat Katolik). Hari itu adalah hari yang sangat berat di kantor.
Saya lupa detailnya kenapa saya bisa sestress itu, tapi yang pasti nggak jauh-jauh dari urusan shipment produk saya yang dokumennya macet, customer yang cerewet, supplier yang ngejar tagihan pembayaran, boss yang demanding, dan.... lapar karena puasa.
Hahaha.

Enggak deng.
Saya itu kalau puasa kuat kok nahan lapar, 40 hari biasanya sukses puasanya, tetapi kebalikannya kalau pas
diet, gagal terus nahan lapar. Hahaha.

Jadi kan karena stress saya butuh pelampiasan dong. Dan karena saya sedang puasa, saya tidak bisa melampiaskannya ke makanan. Jadi di jam istirahat siang, saya pergi ke Mall Ambassador, masuk ke Gramedia, dan bilang sama diri saya sendiri, "buy 3 books randomly."

Dan inilah tiga buku yang saya beli saat itu :
1. Antalogi Rasa (Ika Natassa)
2. Little Women (Louisa May Alcott- terjemahannya penerbit Bukune jelek banget :( )

dan jeng jeng...

3. Cara Cepat Belajar Bahasa Korea oleh Mustiana Lestari

Picture from http://www.merdeka.com/ireporters/gaya/cara-asyik-belajar-bahasa-korea.html



Hahaha, saya langsung tergelak dan mengadu pada teman sekantor saya. Menyadari keimpulsifan saya yang
berakibat pada membeli buku semacam itu. Waktu sampai di kosan, saya membuka buku itu dan masih
bertanya2 kenapa saya memilih buku itu? Hmm, mungkin karena salah satu hal yg ada di pikiran
saya saat itu adalah supplier saya yang dari Korea. Memang waktu itu saya lagi negosiasi harga sama mereka.

Dan buku itu terselip di rak buku saya di antara buku2 lain.
Nyaris terlupakan. Nyaris, karena akhirnya saya membuka buku itu.

Berhubung saya orangnya konsekuen, saya pun mulai membacanya. (Tentu saja setelah 2 buku lainnya tamat, dan jujur saja saya baru membuka buku bahasa Korea ini  di bulan Desember, which is about 8 months later, hahahha).

Eh ternyata, dasar-dasar bahasa Korea nggak sesulit bahasa Mandarin dan Jepang yang pernah saya pelajari waktu SMA (eksul pilihan waktu SMA dan saya tinggalkan di pertemuan ketiga dan keempat). Dan buku yang nggak sengaja saya beli itu benar-benar membantu saya memahami  dasar2 bahasa Korea. Bagus banget deh. Saya pun mulai  menghapal abjad Korea. Bikin kartu2 pakai kertas warna untuk membantu menghapal. Belajar vocabulary. Beneran deh, saya yang otaknya cetek begini seneng banget memahami dasar-dasar bahasa Korea. Emang sih karena tidak ada pendamping, saya jadi belum tahu cara baca
(pronunciation) yang benernya gimana. Romanisasinya doang saya baca plek sama. Hahaha.

Semangat pun tercetus dalam diri saya.

Belajar bahasa korea ah!
Dan maksud saya adalah belajar dengan sungguh-sungguh. Secara profesional.Kursus. Bukan sambil lalu otodidak begini. Saya pun langsung mendapat ide untuk mengisi waktu hari Sabtu yang akan libur mulai tahun depan. Kursus Bahasa Korea!

Jadi begitulah....memang benar kata orang, dari benci bisa jadi cinta.

Saya dari jaman kuliah blas nggak suka sama sekali sama film-film Korea, artis-artis Korea, lagu-lagu
Korea,gaya-gaya cewek-cewek Korea yang kemayu (sempet cemburu sama MyMas yang ngefans sama SNSD), dan cowok-cowoknya yang cantiknya ngalahin cewek. Sebel deh pokoknya kalau liat temen2 yang Korea freak. Sampe dulu pernah maksa temen yang tergila-gila sama artis-artis Korea buat nonton di 21 film holiwut. "Biar lo tuh bisa liat cowok yang jantan itu seharusnya gimana! Bukan kayak artis korea kesayangan lo itu klemer-klemer kemayu gitu!" *nyolot*

Makanya pas udah kursus, sayalah satu2nya orang di kelas yang blank sama sekali soal dunia hiburan Korea. Istilahnya kalau beli bensin, 'dimulai dari nol ya, Bu'. Kosong banget pengetahuan saya soal Korea selain tulisan Korea yang sudah mulai saya hapal. Hahahaha.

Sekarang, mata saya sudah mulai terbuka.
Memang nggak semuanya bisa saya nikmati. Malah, saya baru sadar kalau untuk lagu2 Korea, saya justru suka artis2 ceweknya, masih nggak suka artis2 cowoknya karna ya itu gayanya nggak suka.Untuk film, Korea pun sudah lebih maju daripada Indonesia. Filmnya lebih beragam, dan terutama yang kelas festival internasional, saya suka. Kalau serialnya, sejauh ini baru Reply 1997 (belum coba nonton yg lain sih). Dan Reality Show macam Running Man, Barefoot. Yang pasti saya seneng kalau nonton film atau denger lagu atau baca kemasan makanan impor Korea saya mengenali beberapa kata yang ada di dalamnya. Saya jadi tambah semangat!

Kalau soal makanan, dulu awal2 juga agak nggak doyan.
Saya memang punya seorang sahabat yang bapaknya asli  Korea dan dia kuliah di Korea. Tapi dari dia, saya baru  coba makan Kimbap doang, mungkin karna dia faham kalau makanan yang lain mungkin nggak cocok di lidah kita. Saya udah pernah makan kimchi, tapi nggak suka. Eh lama-lama, karna tiap abis ujian kita punya ritual makan di resto korea bareng temen2 les, saya jadinya mulai familiar deh. Malah sekarang lagi ngidam kimchi.

Hahahaha.

Seru sih, belajar bahasa. dan menurut saya, belajar bahasa asing itu penting. (kalau bahasa inggris wajib
lah ya, hehe) Yang pasti belajar bahasa itu benar2 buka pikiran kita.

Saya dulu yang anggap Korea itu 'alay' sekarang nggak  gitu lagi tuh. emang ada yg tetep saya nggak suka, tapi saya jadi jauh lebih respect dan nggak ngata2in lagi.
Bener2 pelajaran deh buat saya.

Makanyaaa...beneran deh saya nggak nyesel belajar bahasa korea. Dan tetep 'takdir' itu jawaban yang
tepat untuk jawaban 'kenapa sih elo belajar bahasa korea?'. Hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar